Online Marketing

Pengertian Online Marketing

Tahukah Kamu apa yang dimaksud dengan Online Marketing ???

Apa itu Online Marketing ?

Online marketing adalah sistem pemasaran produk yang memanfaatkan sistem digital dan jaringan intenet. Penggunaan sistem online ini diharapkan mampu menjangkau lebih banyak orang. Sehingga produk yang dipasarkan akan lebih familiarkan dan menjaring lebih banyak konsumen yang potensial.

Ada banyak sekali kelebihan menggunakan sistem online dalam kegiatan marketing produk. Pertama, sistem ini membutuhkan biaya yang lebih terjangkau daripada marketing yang dilakukan secara offline. Karena Anda tidak perlu repot mencetak dan menyebarluaskan media promosi Anda di titik tertentu. Kedua, sistem marketing online juga lebih efektif daripada marketing konvensional. Tercatat, sebuah perusahaan yang melakukan marketing dengan sistem online mampu meraup keuntungan 2,8% lebih banyak daripada marketing konvensional. Ketiga, efektivitas marketing yang dilakukan juga dapat dievaluasi dengan mudah. Anda bisa mendapatkan data spesifik mengenai pengunjung konten Anda, dan membuat analisa apakah mereka sudah sesuai dengan target marketing Anda.

5 Kelebihan Online Marketing

Mungkin online marketing masih asing bagi sebagian orang. Masih ada kelebihan-kelebihan online marketing yang belum diketahui banyak orang. Berikut adalah kelebihan-kelebihan online marketing yang perlu Anda ketahui:

1. Dapat Digunakan Siapa Saja

Online marketing dapat dimanfaatkan siapa saja, baik itu perusahaan besar, usaha menengah, maupun usaha kecil. Semua skala bisnis bisa memanfaatkan online marketing karena alat-alat yang diperlukan untuk digital marketing mudah diperoleh siapa saja. Cukup berbekal laptop dan koneksi internet, Anda bisa menerapkan online marketing untuk bisnis Anda.

2. Lebih Murah dan Lebih Efektif

Usaha marketing tradisional seperti baliho, billboard, dan iklan di televisi cenderung mahal dan tidak bisa dimanfaatkan pelaku bisnis UKM. Dengan online marketing, Anda bisa menghemat anggaran marketing dengan hasil yang sama atau bahkan lebih efektif. Berdasarkan sebuah survey, pelaku usaha kecil menengah yang menerapkan digital marketing bisa menghemat anggaran marketing hingga 40 persen.

3. Meningkatkan Revenue Secara Efektif

Tidak hanya menghemat anggaran marketing, Anda juga bisa meningkatkan pendapatan lebih efektif menggunakan online marketing. Berdasarkan laporan Google, pelaku bisnis yang memanfaatkan online marketing berhasil meningkatkan pendapatan 2.8 lebih besar dibanding bisnis yang hanya mengandalkan marketing tradisional.

4. Menargetkan Audiens Spesifik

Salah satu kelebihan utama online marketing adalah Anda bisa menargetkan audiens yang spesifik. Online marketing mampu mengumpulkan berbagai data penting, dari lokasi, usia, minat, hingga gender untuk menentukan target yang paling sesuai untuk kampanye marketing Anda.

5. Cocok untuk Masyarakat “Smartphone”

Indonesia adalah salah satu negara dengan pengguna smartphone terbanyak di dunia. Sebanyak 94 persen pengguna internet Indonesia mengakses internet melalui perangkat mobile. Anda dapat dengan mudah menjangkau konsumen pengguna perangkat mobile melalui online marketing.

Lalu bagaimana caranya supaya online marketing Anda menjadi lebih efektif?

Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda lakukan.

1. Membuat Website Khusus

Ini akan menjadi seperti ‘rumah khusus’ yang menyediakan informasi lengkap tentang barang yang dipromosikan. Konsep website ini adalah toko online yang tidak berbeda dari toko offline yang ada di dunia nyata. Melalui website ini, Anda dapat bertransaksi sekaligus memantau traffic bulanan di semua platform yang Anda miliki.

Website bisa dibuat dari yang model sederhana maupun yang premium. Keuntungan lain memiliki website khusus untuk produk yang Anda tawarkan adalah meningkatnya kepercayaan masyarakat terhadap produk Anda, bahkan hingga mencapai kisaran 80%. Sebagaimana kepercayaan mereka pada produk yang memiliki toko offline di dunia nyata. Oleh karena itu, sangat penting untuk membuat tampilan website seimpresif mungkin.

2. Mempelajari SEO untuk Optimalisasi Konten

Banyak pelanggan cerdas yang memutuskan untuk melakukan riset terlebih dahulu terhadap produk yang akan dibeli. Selain untuk mengetahui spesifikasi produk yang dibeli, banyak di antara mereka yang berniat untuk membandingkan 1 brand dengan brand lainnya.

Dan brand teratas yang muncul di mesin pencari lebih berpeluang besar untuk menarik minat mereka. Menggunakan teknik Search Engine Optimization adalah salah satu langkah yang bisa lakukan untuk membuat produk Anda dapat ditemukan dengan mudah di mesin pencari.

3. Endorsement dengan Influencer

Selain memanfaatkan media sosial dan platform digital, salah satu strategi marketing online yang jitu adalah mengadakan kerja sama dengan public figure atau influencer. Hal ini dikarenakan mereka memiliki banyak followers dan penggemar, sehingga kemungkinan mereka akan melihat dan tertarik dengan produk Anda. Selain itu, produk Anda juga akan memperlihatkan kesan lebih berkelas dan meyakinkan jika sudah dikenakan oleh para influencer tersebut.

Tidak rumit, kan? Demikianlah pengertian online marketing dan beberapa informasi dasar tentang pemasaran online yang sangat menarik untuk Anda simak. Dapat langsung dipraktekkan untuk perkembangan bisnis Anda.

Sedikit Sharing Pengetahuan tentang online marketing. Saya informasi marketing online di atas dapat membantu Anda untuk meningkatkan pertumbuhan bisnis Anda dengan pesat.

End

Leave a Comment

Scroll to Top